Sabtu, 14 Juni 2014

Tgs seni tentang RPP

Pengetahuan tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan turunan dari silabus. Jika seorang guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) harus berdasarkan pada silabus. Silabus adalah seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar. Sebelum mengajar guru melakukan  berbagai persiapan untuk merencanakan proses pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta didiknya, salah satunya yaitu menyusun RPP. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah perencanaan untuk memperkirakan apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran. RPP merupakan rambu-rambu untuk dijadikan sebagai pedoman guru dalam melaksanakan aktivitas atau pembelajaran di kelas. Dengan menyusun RPP, seorang guru lebih awal memikirkan cara terbaik dan termudah untuk membangun kompetensi yang dipersyaratkan pada siswa agar siswa mencapai  kompetensi tersebut dan dengan menyusun RPP  guru memperkirakan efektifitas pengelolaan kelas baik menyangkut waktu maupun penciptaan kondisi di kelas dalam proses pembelajaran yang berlangsung.
Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran itu  memuat tentang beberapa hal diantaranya yaitu Identitas, Standar kompetensi (kompetensi inti), Kompetensi dasar, Indikator, Tujuan pembelajaran, Materi ajar, Metode pengajaran, Kegiatan belajar (kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup), Sumber belajar dan Penilaian hasil belajar.
1. Identitas mata pelajaran meliputi satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas, semester, dan alokasi waktu atau jumlah pertemuan.
2. Standar kompetensi merupakan kompetensi yang tidak dapat diubah. Kompetensi yang diberikan berasal dari pemerintah atau ditetapkan oleh pusat. Maka dari itu kompetensi yang akan disusun dalam RPP harus berlandaskan pada silabus yang telah ditetapkan.
3. Kompetensi dasar seperti halnya pada standar kompetensi dimana dalam penyusunan RPPnya harus diturunkan dari silabus.
4. Indikator merupakan perilaku yang dapat diukur untuk menunjukan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator ini bersifat operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan (kognisi), sikap (apeksi), dan keterampilan (psikomotorik).
5. Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar yang telah dibuat.
6. Metode pembelajaran adalah pendekatan atau cara mengajar yang digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dimana peserta didik dapat mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik, serta karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran.
7. Kegiatan pembelajaran, dalam kegiatan pembelajaran ada 3 tahap kegiatan diantaranya kegiatan pendahuluan yaitu kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Kegiatan inti, dalam kegiatan inti terdapat tiga kegiatan yang harus dilakukan yaitu:
Eksplorasi adalah seorang guru melakukan beberapa kegiatan untuk menggali pengetahuan awal yang dimiliki oleh peserta didik.
Elaborasi adalah kegiatan inti yang dilakukan oleh siswa dalam proses pembelajaran.
Konfirmasi merupakan seorang guru memberikan penguatan kepada hasil belajar yang telah dibuat oleh peserta didik.
Kegiatan penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktifitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan.
8. Penilaian hasil belajar, instrument penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian
Dengan adanya RPP, pembelajaran yang terjadi di dalam kelas dapat mencapai hasil maksimal, karena segala sesuatu yang telah direncanakan terlebih dahulu akan mendapatkan hasil terbaik.
Oleh
Nama                  : Made Sudiarsini
Nim                      : 1211031031
Kelas                     : A
Jurusan                 : PGSD
Semester               : IV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar