Rabu, 28 Mei 2014

pendididkan kerajinan tangan dan seni rupa

PENDIDIKAN KERAJINAN TANGAN DAN SENI RUPA

Di awal semester IV tahun ajaran 2014, dimana saya merupakan salah satu mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau yang sering dikenal dengan istilah PGSD mendapat mata kuliah Pendidikan Kerajinan Tangan dan seni Rupa. Perkuliahan dengan mata kuliah Pendidikan Kerajinan Tangan dan Seni rupa dilaksanakan pada tanggal 17 Pebruari 2014  di ruang kuliah jurusan Seni Rupa. Perkuliahan seni rupa ini diawali dengan dosen menyampaikan kontrak kuliah selanjutnya. Kemudian dosen menyampaikan sedikit hal tentang perkuliahan selanjutnya. Hal-hal yang akan dilakukan dalam perkuliahan yaitu :
  1. Belajar Teori
  2. Praktik
  3. Pengetahuan Mengajar
  4. Perencanaan persiapan mengajar 
Dalam perkuliahan yang berlangsung, dosen menyampaikan bahwa seni merupakan suatu hasil karya yang dibuat dan bernilai estetik dan bernilai tinggi. Banyak jenis yang ada dari seni tersebut. Mulai dari seni patung, seni ukir, seni dekorasi, seni fotografy, seni tari, seni musik, dan lain sebagainya. Namun pada perkuliahan selanjutnya, materi seni yang akan diajarkan kepada Mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) semester IV terutama pada kelas A adalah seni lukis. Media yang dapat digunakan saat membuat Seni lukis adalah  buku gambar, kanvas, cat air, pensil warna dan lain sebagainya. Untuk melakukan praktik awal seni lukis untuk minggu berikutnya, dosen menganjurkan agar membawa alat-alat lukis sederhana yang akan digunakan saat melukis nantinya. Adapun alat-alat yang dimaksud yaitu:
  1. Buku gambar dengan ukuran A4
  2. Cat air dengan merk osama dan lain sebagainya
  3. Palet
  4. Kuas lukis dengan nomor 7
       Dengan membawa alat-alat tersebut bertujuan untuk berlatih membuat sebuah lukisan. Meskipun bukan jurusan seni rupa, namun kita sebagai calon guru dengan belajar membuat sebuah lukisan itu, nantinya dapat mentransfer ilmu atau pengetahuan  yang kita miliki  mengenai cara membuat sebuah lukisan dapat diajarkan kepada anak sekolah dasar (SD).
Oleh
Nama                  : Made Sudiarsini
Nim                     : 1211031031
Kelas                  : A
Jurusan             : PGSD
Semester           : IV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar