Minggu, 16 Maret 2014

Tugas 4 Meriview artikel seni rupa

BULELENG FESTIVAL 2013

Dalam menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 agustus, tepatnya di Bali Utara, Kabupaten Buleleng terdapat perayaan yang mengikutsertakan atau melibatkan berbagai pelaku seni. Mulai dari pelaku seni rupa  yang masih belia hingga pelaku seni rupa yang sudah ahli dibidangnya. Salah satu kegiatan yang melibatkan pelaku seni rupa yang masih belia adalah  kegiatan lomba mewarnai gambar, menggambar ilustrasi, dan menggambar karikatur yang diselenggarakan di sekitar rumah dinas Bupati Buleleng. Kegiatan lomba ini diikuti oleh pelajar-pelajar yang berasal dari daerah Kabupaten Buleleng mulai  dari tingkat TK, SD, SMP, SMA, hingga mahasiswa bisa terselenggara dalam suasana yang meriah. Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng ikut berperan dalam  mengerahkan peserta lomba dari berbagai  lokasi sekolah yang ada di kawasan  Kabupaten Buleleng.  
Di Kabupaten Buleleng dalam melaksanakan lomba seni rupa itu jarang dapat melibatkan begitu banyak peserta lomba. Berkat adanya pihak-pihak penguasa yang memaksakan pihak sekolah agar ikut berpartisipasi atau berperan serta dalam mengikuti kegiatan lomba yang diselenggarakan, sehingga banyak peserta yang mengikuti lomba tersebut. Lomba olah seni rupa yang diselenggarakan, kegiatannya  menjadi sangat kondusif. Rata-rata pihak sekolah bersedia mengirimkan peserta didiknya untuk mengikuti kegiatan lomba tersebut. Sudah seharusnya pihak penguasa harus terlibat di dalam menghidupkan kegiatan seni. Apalagi daerah Bali meupakan daerah yang terkenal dengan pariwisatanya yang tidak lepas dari keseniannya. Selain dari kegiatan lomba olah seni rupa yang mengikutsertakan para seni rupa yang masih belia ini, dalam kegiatan Buleleng Festival 2013 juga mengumpulkan lukisan-lukisan dari para seniman Buleleng dan digelarnya pameran lukisan sebagai pelengkap dari kegiatan Buleleng Festival tersebut.

Dalam perayaan hari kemerdekaan Indonesia sudah semestinya kegiatan Buleleng Festival ini diselenggarakan setiap tahunnya. Karena dengan adanya kegiatan tersebut, lebih menghidupkan semangat anak muda untuk menuangkan kreativitas mereka dalam meraih prestasi dengan cara menghasilkan sebuah karya seni. Sehingga potensi-potensi yang ada pada diri anak muda bisa dituangkan ke hal-hal yang lebih positif. Tidak hanya itu, dalam kegiatan buleleng festival ini juga dapat melestarikan kekayaan seni yang ada pada daerah Kabupaten Buleleng. Buleleng festival ini merupakan ajang yang baik untuk memamerkan (mempublikasikan) hasil karya seni yang telah  diciptakan.

                    Oleh

Nama                  : Made Sudiarsini
Nim                     : 1211031031
Kelas                  : A
Jurusan             : PGSD
Semester           : IV 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar